Kampanye

Menyadari betapa banyak persoalan di dalam dunia menulis dan membaca, TANAM IDE KREASI memutuskan untuk turut aktif terlibat dalam kampanye-kampanye sosial dengan memanfaatkan new media sebagai medium pencerahan dan kegiatan nyata.

Berikut ini adalah kampanye yang telah dilakukan:

Selamatkan Pustaka Jaya
– gerakan pembaca untuk “menyelamatkan” penerbit Pustaka Jaya yang hampir ditutup pada Desember 2011. Kampanye berlangsung sejak bulan Oktober – Desember 2011. Hasil: tingkat awareness publik naik, terjadi penjualan secara online, dan penerbit Pustaka Jaya tidak jadi ditutup.


Mengenang Kembali Pramoedya Ananta Toer
– gerakan pembaca untuk “mengenang kembali” pikiran dan karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Kampanye berlangsung tanggal 6 Februari 2012, di hari kelahiran sastrawan ini. Hasil: topik meluas dan jadi pembicaraan di twitter serta mendapat perhatian khusus dari Salingsilang.com


Buku Anak Lokal
– gerakan pembaca untuk memberi pokok perhatian pada kuantitas dan kualitas buku anak lokal di tengah serbuan buku terjemahan dan buku impor. Kampanye dimulai dari Februari 2012 sampai sekarang.


Pak Raden Ngamen
– gerakan masyarakat untuk mendesak dikembalikannya hak cipta Si Unyil kepada Pak Raden (Drs. Suyadi) sebagai kreator. Kampanye dimulai sejak bulan April 2012 dan hingga kini masih berlangsung.


Stop Bakar Buku
 – kampanye penggalangan tandatanganan surat protes dari masyarakat kepada Gramedia, MUI, FPI dan POLRI untuk mengecam tindakan pembakaran buku yang dilakukan pada 13 Juni 2012.


Lewat Djam Malam
 – kampanye publik untuk menyebarluaskan pentingnya mendukung upaya pelestarian film lama Indonesia.

Iklan

18 pemikiran pada “Kampanye

    • yang paling konkret dari saya, mungkin bisa dengan membantu menjualkan buku-bukunya Pustaka Jaya biar riuh di pasaran baik online maupun offline..bisa jadi bukan hanya Pustaka Jaya tetapi juga buku-buku bermutu lainnya. seperti buku-buku yang diterbitkan oleh Djambatan, Balai Pustaka, dll..:)
      @lawangbuku

  1. sebagai blogger buku – mungkin kita bisa bantu dengan menulis resensi buku-buku terbitan Pustaka Jaya *sementara baru ini yang terpikirkan* >_<'

  2. buku Pustaka Jaya pernah macet di agen Jogja, kotanya penerbit, sangat banyak. kasihan. Saya siap membantu menjualkannya meskipun saya bukan penjual buku.

  3. Atas usulan banyak teman, akhirnya ada blog khusus untuk mendukung kampanye mendukung Pustaka Jaya. Dalam blog itu ada katalog online, informasi paket, kegiatan di seputar usaha pembaca untuk membantu Pustaka Jaya.

    Silakan meluncur ke: http://demipustakajaya.wordpress.com

    Atau langsung ke Facebook Pages lalu search “Pustaka Jaya” dan pilih like

    Terima kasih semua,

    AS

  4. Holla,

    mau nanya dong – di kolom apresiasi (Oidipus Sang Raja) @ demipustakajaya.wordpress.com – bisa gak ya direvisi dan disamakan dengan judul cerita yang lainnya – itu komen saya kok ditempel dibagian atas, knp gak di bagian komen aja yah? *nanya sekaligus usul*

    makasiihh sebelumnya..

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s